Wednesday, June 03, 2009

Kabar Baik untuk yang Suka Tidur Siang


Menurut sepengetahuan saya bahwa hanya ada 3 negara di dunia ini yang menerapkan kebiasaan tidur siang yakni Meksiko, India, dan Indonesia dan kebetulan juga kualitas negara ini masih dikatakan berkembanglah walaupun hampir-hampir termasuk dalam kategori negara miskin. Namun ternyata tidak ada salahnya untuk melakukan tidur siang bahkan peniliti menyarankan untuk disediakannya tempat tidur di tempat kerja.

Tidur siang ternyata sama dengan 3 kali lipat waktu yang dihabiskan untuk tidur pada malam hari. Misalkan pada siang hari kita tidur selama 30 menit, maka sama bandingannya dengan tidur 1,5 jam di malam hari sehingga tidak perlu berlama-lama untuk tidur siang. Pernahkah anda merasa berlama-lama alam seperti dalam alam bawah sadar anda padahal anda telah terbangun dari tidur siang setengah jam sebelumnya? ini salah satu efek dari tidur siang terlalu lama.

Cukup hanya 10 atau 15 menit saja perharinya maka anda akan mendapatkan manfaatnya, namun menurut peneliti yang lebih efektif apabila anda dapat melakukannya paling tidak selama 30 menit sampai 1 jam per hari. Terbukti setelah tidur siang seseorang akan memiliki kesiapan lebih dalam bekerja, mengembalikan fokus, menyegarkan pikiran, dan mengembalikan mood anda. Suatu studi di Harvad mengatakan bahwa pekerja yang memiliki waktu untuk tidur siang terbukti kerjanya cenderung lebih cepat selesai daripada yang tidak melakukan tidur siang sama sekali saat bekerja. Memang kebijakan untuk memberikan waktu untuk tidur siang bagi pekerja masih dianggap aneh, namun paling tidak di Indonesia biasanya diberikan waktu istirahat sekitar 1-2 jam yang juga dapat dimanfaatkan untuk tidur siang.

Bagaimana dengan pelajar? apakah tidur siang dapat meningkatkan kemampuan menangkap pembelajaran siswa? Sama halnya dengan pekerja, siswa juga menguras otaknya selama menghabiskan waktu di sekolah. Kebijakan sekolah yang memulangkan siswanya sekitar pukul 1 siang setiap harinya dan bahkan ditambah waktu les sehingga tidak ada waktu istirahat berupatidur sama sekali untuk siswa dapat mengurangi tingkat keaktifan mereka.

Rata-rata seseorang akan merasa sangat ngantuk pada pukul 11 hingga 13 siang, pada jam demikian kemampuan untuk memperhatikan atau fokus akan sangat berkurang maka sebaiknya ada kesempatan untuk merefresh kembali kerja otak.

Lakukanlah tidur siang paling tidak 15 menit dalam sehari di tengah kesibukan anda maka hal ini jauh lebih baik dibanding anda terus-menerus bekerja dalam keadaan tidak optimal. Anda akan mendapatkan kesegaran, fokus, mood yang baru, relaksasi dan manfaat lainnya


No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting Teplok, It's a pleasure for us if you leave your comment here, we suggest you to use english when commenting. This will take us better and keep the ads work, thanks friend! we'll light you as we can...

We'll deliver you Good news by Entering your email address

here:

Delivered by FeedBurner