Tuesday, June 02, 2009

Berbahagialah Bagi Anda yang Hobby Mendengarkan atau Bermain Musik

Musik memang mempunyai banyak keunggulan diantaranya bisa menemani kita sesuai suasana hati kita. Ada banyak jenis aliran musik mulai dari yang mengalun-alun lembut hingga yang kerasnya minta ampun seperti Hard Metal Music. Nah ternyata banyak penelitian yang menemukan bahwa banyak manfaat yang didapat dari bermain musik atau hanya dengan mendengarkan saja. Diantaranya untuk meningkatkan intelegensi, membangun pribadi, menghilangkan stress, merilekskan pikiran, meningkatkan keterampilan berbahasa dan ada juga yang digunakan sebagai terapi penyembuhan atau biasa disebut Biosound.

Musik yang digunakan untuk meningkatkan intelgensi biasanya berupa musik klasik, ada banyak orang yang menyebut jenis musik seperti ini dengn sebutan Mozzart Effect karena memang awalnya musik Mozzart lah yang seringkali digunakan untuk merangsang otak bayi yang berada dalam kandungan. Bukan hanya bayi dalam kandungan yang dapat terangsang otaknya dengan jenis musik seperti ini, orang dewasa pun bisa mendapatkan efek positifnya. Efek positif berupa rangsangan pada otak manusia ini dikarenakan sensasi nada yang membuat otak manusia bergejolak ketika mendengarnya.

Pembentukan pribadi juga tidak jauh bedanya dengan peningkatan intelegensi. Musik tertentu akan membentuk pribadi tertentu pada seseorang atau menunjukkan pribadi sang penikmat musik tersebut. Tak heran jika orang-orang kaya lebih suka musik klasik yang elegan ketimbang hard Core yang biasa digandrungi anak muda. Namun hal ini tidak menentukan karena contohnya saya sendiri suka musik-musik keras namun pribadi saya termasuk orang yang melankolis.

Ketimbang musik penuh dinamika seperti musik-musik Mozart, musik yang diusung oleh Kitaro lebih memiliki efek menghilangkan stress karena irama yang indah dan senantiasa membuat pendengarnya berfantasi akan kedamaian. Musik-musik dengan lirik pun tak kalah manjurnya untuk menghilangkan stress. Bahkan sebuah penelitian menemukan bahwa pemain musik keras memiliki tingkat stress yang lebih rendah dari kebanyakan orang karena mereka mampu berekspresi dan menuangkan segala beban mereka melalui musik.

Lagu berbahasa inggris memiliki nilai plus yakni meningkatkan keterampilan dalam pronounce sang vokalis ataupun pendengar. Lagu-lagu Indonesia pun demikian, karena Indonesia memiliki banyak bahasa dengan dialek khusus yang bermacam-macam maka dengan menyanyikan atau mendengarkan lagu secara tidak langsung akan meningkatkan kemampuan berbahasa seseorang.

Musik terapi biasanya dibuat sedemikian rupa sehingga dapat memfokuskan pikiran ataupun dengan menyisipkan suara-suara infrasonik yang positif pada lagu sehingga pendengarnya akan mendapatkan efek kesembuhan. Tipe musik terapi yang umum biasa berupa Brainwave yakni musik yang menggunakan frekuensi berbeda pada masing-masing earphone dan akan menghasilkan gelombang otak tertentu seperti alpha, delta, beta dll.

Banyak lagi hal positif yang kita dapatkan dengan bemain musik atau bahkan hanya menjadi pendengar saja. Semoga artikel ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting Teplok, It's a pleasure for us if you leave your comment here, we suggest you to use english when commenting. This will take us better and keep the ads work, thanks friend! we'll light you as we can...

We'll deliver you Good news by Entering your email address

here:

Delivered by FeedBurner