Tuesday, June 02, 2009

Perpustakan Terbesar Di Dunia Ada di Indonesia?

Begitulah yang saya tahu dari berita pada salah satu tv swasta terkenal di Indonesia. Memang terkesan aneh rasanya begitu mengetahui kalau jumlah pembaca di Indonesia sangat minim lalu kemudian muncullah kabar tentang pembangunan perpustakaan terbesar di dunia.

Memang sebuah universitas di Depok yakni UI (Universitas Indonesia) tengah membangun sebuah perpustakaan yang diperkirakan akan rampung pada Desember 2009. Pembangunan perpustakaan di lahan seluas 2,5 hektar ini akan dimulai pada 1 Juni 2009 dan kabarnya akan menghabiskan dana sebesar US $100 juta .

Bangunan berukuran 30.000 m2 ini memiliki 8 tingkat dan bagian dalamnya sama sekali tidak menyertakan bahan plastik sebagai bagian dari bangunan. Bukan hanya itu, nantinya di sekitar perpustakaan ini juga digunakan sistem hemat energi, hemat air, area bebas rokok dan juga menggunakan kertas yang dapat didaur ulang.

Pokoknya ini akan menjadi salah satu kebanggaan Indonesia bagi dunia, selain itu diharapkan minat baca masyarakat Indonesia juga meningkat sehingga kehadiran perpustakaan ini nantinya juga sebanding dengan perkembangan pembaca di Indonesia. Apa kata dunia nantinya ketika negara yang mempunyai perpustakaan tercanggih dunia namun minat baca masyarakatnya masih kurang..???

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting Teplok, It's a pleasure for us if you leave your comment here, we suggest you to use english when commenting. This will take us better and keep the ads work, thanks friend! we'll light you as we can...

We'll deliver you Good news by Entering your email address

here:

Delivered by FeedBurner