Wednesday, June 03, 2009

Kabar Baik : Bantahan Global Warming

Konon ya, global warming itu bohongan, cuma isu yang dibuat manusia-manusia pebisnis dan kalangan fanatik pecinta alam yang demen berdandan hippie. Dan ini juga didukung sama banyak ilmuwan, misalnya sama Bob Carter. Kata si bapak ini, global warming udah berenti taon 1998. Konon dari tahun 1998, temperatur udah berenti memanas walaupun kita tetep aja nyumbang CO2 ke udara.

Dan gue dapet sekitar 35 alasan pembantah film Inconvenient Truth yang menarik untuk dibaca, dibuat sama Christopher Monckton of Brenchley.

  1. Permukaan laut naek 6 meter karena melelehnya es. Tapi IPCC, sebuah badan PBB, pernah bilang kalo kenaekan air laut sampai 7 meteran itu sih masih normal dan terjadinya secara alami. Malah, menurut IPCC juga, permukaan laut bakal naek cuma 59 cm sampe tahun 2100.
  2. Pulau-pulau Pasifik tenggelem! Gimana mau tenggelem kalo naeknya cuma 59 cm sih??! Bahkan di situ, cuma naek ekitar 30 cm, dengan erosi yang ga seberapa. So yes, those islands are safe.
  3. Sirkulasi thermohaline (arus panas gitu kayaknya) berhenti, dan kemungkinan bisa bikin Eropa jadi daratan es. Di tahun 2006, ada paper yang nyatain arus panas ini OK aja, lagian koq global warming malah jadi beku ya?
  4. CO2 mengendalikan temperatur bumi. Memang bener nih, CO2 memang bikin efek rumah kaca, tapi jumlah dan efeknya ga seberlebihan kayak yang kita pikir!
  5. Gara2 global warming, salju di Gunung Kilimanjaro meleleh. Padahal esnya emang udah mulai meleleh dari 125 tahun yang lalu, dan meleleh secara natural karena tiap musim panas suhunya selalu naek sampe sekitar -7 derajat Celcius (musim dinginnya gmn ya?)
  6. Danau Chad (Afrika) mengering, gagg juga koq. Lagian banyak danau kering sejak berjuta-juta tahun lalu, karena terus menguap dan banyak danau yang ga ada sumber air selain air hujan.
  7. Badai Katrina itu gara2 global warming, trus kenapa Twister dibuatnya jaman dulu? Artinya badai begitu emang udah selalu ada khan?
  8. Beruang Kutub mulai punah, tapi menurut data, tahun 1940 ada sekitar 5000 beruang, tahun 2006, setelah dilarangnya perburuan, ada lebih dari 25.000 beruang. Jadi ancaman sesungguhnya itu perburuan, lagian di tahun 2005, cuma ada 4 beruang yang mati.
  9. Terumbu karang memutih, terjadi tahun 1998 gara2 El Nino, dan pernah terjadi juga 125 tahun lalu, gara2 El Nino juga.
  10. 100 ppmv (part per million volume - bagian per sejuta) CO2 bisa ngelelehin 1 mil es, padahal jumlah segitu cuma bisa naekin temperatur sampe 1,2 derajat Celsius, dan itu udah maksimum banget!
  11. Badai Katrina bukan kesalahan manusia, soalnya aliran udara itu khan terjadinya alami!
  12. Topan di Jepang sampe mencatat rekor!!! Wha, fakta yang berlebihan, topan khan emang bencana rutin di Jepang dari jaman yang bahkan jauh dari saat terbit jilid pertama Doraemon.
  13. Badai-badai makin kenceng, tapi Discovery Channel terus nayangin badai2 jaman baheula yang bisa ngancurin satu kota sekaligus.
  14. Asuransi Badai pada rugi, padahal tahun 2006, sebuah perusahaan asuransi di London ngaku mereka dapet keuntungan terbesar tahun itu.
  15. Mumbai banjir, padahal data nunjukin selama 48 tahun jumlah hujannya ga meningkat tuh.
  16. Tornado makin banyak, padahal emang karena teknologi makin canggih, jadi tornado sekecil apapun bisa kita deteksi dan jadiin berita. In fact, tornado selama 50 tahun ini jauh berkurang.
  17. Matahari memanaskan Lautan Artik, padahal bukan mataharinya, tapi radiasinya di atmosfir, dan ini normal!
  18. Artik memanas dengan cepat, padahal ini udah terjadi sekian lama, buktinya udah lama kapal-kapal dagang bisa berlayar disana, kalo emang dari dulu es semua, gimana berlayarnya?
  19. Es di Greenland jadi ga stabil. In fact, terakhir kali melelehnya Greenland itu 850.000 taun yang lalu waktu manusia bahkan gak ada. Malah konon, terus tumbuh sejauh 2 inci per tahun.
  20. Berkurangnya jumlah lelehan Glacier Himalaya sebagai pasokan air minum dunia, padahal memang selama ini banyakan kita tuh minum lelehan salju, bukan esnya.
  21. Glacier Peruvian ilang, dan itu memang udah mulai terjadi sejak 10.000 tahun yang lalu.
  22. Glacier di seluruh dunia meleleh, dan itu bukan hal baru, karena udah terjadi sejak 1820, dan banyak juga yang sebelum itu.
  23. Gurun Sahara makin kering, dan ini salah banget karena baru2 ini tahun 2007 baru ada ujan disana, dan selama 25 tahun belakangan Gurun Sahara mengecil gara2 hujan. Bahkan di Afrika Selatan, jumlah hujan itu lebih stabil sejak abad ke 20.
  24. Es Antartika Barat gak stabil, dan bukan karena berkurang, tapi terus tumbuh koq karena sebenernya temperaturnya makin dingin setengah abad belakangan.
  25. Lempeng es Peninsula Antartika retak dan lalu meleleh sampe abis. Sebenernya lelehan ini udah nyatu lagi karena temperatur turun dan jadilah wilayah 155 kali besarnya Texas.
  26. Lempeng Es Larten B retak dan menghilang dalam 35 hari, padahal terjadi udah dari 10.000 tahun yang lalu.
  27. Nyamuk sekarang ada di tempat tinggi karena suhu naek, padahal emang nyamuk gak perlu suhu tropis, dia cuma butuh 15 derajat Celcius untuk berkembang biak. Dan belakangan ini, malaria berkurang koq!
  28. Penyakit daerah tropis menyebar gara2 global warming. Yang sebenernya, penyakit itu nular bukan lewat temperatur yang panas, tapi karena tikusm serangga, unggas, primata, babi, kurangnya kebersihan, air conditioner kotor, dan suhu dingin yang pastinya bikin pilek!
  29. Virus West Nile nyebar di Amerika bukan karena global warming, mungkin emang ada yang bawa virus itu kesana, karena virus itu toh bertahan dalam segala cuaca.
  30. Karbon dioksida itu polusi, padahal kita terus nanem pohon yang butuh karbon dioksida buat fotosintesis. Dan tenang aja, sesungguhnya kadar CO2 saat ini itu rendah. Sekitar setengan milyar tahun lalu, volumenya mencapai 7000 per juta dan itu sekitar 18 kali lebih banyak dari sekarang.
  31. Gelombang panas di Eropa tahun 2003 ngebunuh 35.000 orang, begitu juga serangan dingin yang dateng abis itu yang ngebunuh 20.000 orang dan serangan dingin lebih sering terjadi. Jadi jangan melebih-lebihkan berita.
  32. Burung Pied Flycatcher susah dapet makan, dan ini jelas bohong, karena burung ini tukang migrasi dan pinter beradaptasi.
  33. Banyak salah gambar di film ini. Misalnya di adegan yang katanya burung Pied Flycatcher lagi ngasih makan ulet ke anaknya. Padahal itu burung Black Tern, dan dia lagi bawa ikan kecil.
  34. Barrier Thames makin sering tutup, dan ini gara2 kebijakan pemerintahnya, bukan gara2 global warming.
  35. Menurut film ini, di tahun 2050, CO2 bakal naek sampe 600 bagian persejuta dan ini gak terbantahkan. Padahal, ramalan IPCC gak ada yang sampe sebanyak itu peningkatannya. Nah lhooo.

Bener atau enggaknya, gue suka film itu, sekalipun film itu bohong sekalipun soalnya banyak juga sisi positifnya. Emang harus gue akuin, sejak ada Global Warming, ini merupakan area bisnis yang nguntungin. Toko-toko lomba bikin kantong kertas, kayak Carrefour malah jualan tas belanja kaen dan kantong plastik yang konon dari serat tanaman jadi ramah lingkungan. Anak ITB bener2 lomba bikin kemasan ramah lingkungan. Semua makanan organik laris manis. Barang daur ulang booming. Tapi, sekalipun semua bohong, gue seneng ngeliat perubahan gaya hidup kayak gini. Global warming atau nggak, gak ada salahnya kita hidup sehat en ramah lingkungan.

diambil dari:

http://ziggy1st.wordpress.com/2008/05/02/global-warming-itu-bohong/

No comments:

Post a Comment

Thanks for visiting Teplok, It's a pleasure for us if you leave your comment here, we suggest you to use english when commenting. This will take us better and keep the ads work, thanks friend! we'll light you as we can...

We'll deliver you Good news by Entering your email address

here:

Delivered by FeedBurner