Tuesday, August 11, 2015

Sukses Terbesar dalam Hidup Saya

Saya memiliki sebuah impian sederhana, tapi merupakan sesuatu yang besar dan berdampak jauh lebih baik bagi kehidupan. Selama ini, sepanjang kehidupan saya yang singkat saya habiskan untuk mengajak teman-teman agar mereka sering membaca. Bagi saya, menyaksikan orang lain membaca buku untuk menambah pengetahuannya adalah sebuah kebahagiaan yang luar biasa, apalagi ketika saya ketahui bahwa sebenarnya orang tersebut bukanlah tipikal seorang kutu buku. Keberhasilan membangkitkan minat membaca seseorang adalah impian besar saya, dan merupakan indikator kesuksesan saya. 

Selama ini saya berada dalam lingkungan yang menuntut perkembangan dan mengembangkan. Saya menemukan ada banyak sekali pemuda-pemuda potensial, mereka memiliki modal untuk bisa menjadi seorang pemimpin dengan kemampuan dan kepercayaan diri yang baik. Namun yang sangat disayangkan adalah bahwa mereka tidak gemar membaca, mereka hanya bermodalkan pengalaman yang minim dan mungkin pengetahuan-pengetahuan yang hanya didapat dari kegiatan keseharian. Ibarat perang, mereka tidak mencari senjata yang lebih canggih agar bisa menang dengan mudah.

Akan sangat disayangkan jika mereka tidak mengisi diri dengan membaca. Oleh karenanya pada setiap kesempatan saya bisa berdiskusi atau membawakan materi, hal yang terus menerus saya dorong adalah bahwa setiap orang harus banyak membaca, bukan untuk siapa-siapa, tapi untuk mereka, atau mereka akan berkembang dengan lambat. 

Saya akan terus berusaha untuk menyebarkan semangat membaca tersebut, ketika di BEM kami membuat perpustakaan di sebuah desa, perpustakaan mini di setiap organisasi, sekarang pun ketika tidak berkecimpung di dunia perkuliahan saya tetap membuka semacam toko buku hanya untuk menstimulasi pemuda agar mereka tertarik untuk membaca. Saya akan terus mempengaruhi orang lain agar mereka mau membaca, apa saja, yang penting menambah wawasan mereka dan tidak terkurung dalam dunia yang sempit. 

Sampai sekarang saya masih mencari metode terbaik bagaimana caranya agar menumbuhkan minat membaca orang-orang secara permanen, karena kegiatan ceramah atau diskusi hanya mampu menarik minat mereka pada saat tersebut yang sifatnya sementara. Memuculkan kehendak diri untuk terus menambah pengetahuan, itulah yang harus diciptakan pada diri orang-orang, terutama pada pemuda. Saya tidak ingin menyaksikan pemuda yang cakap, percaya diri, memiliki komunikasi yang bagus namun berpengetahuan dangkal. 

Saya ingin merubah apa yang mereka bilang ‘bosan’ membaca tulisan sebegitu banyak dalam sebuah buku yang tebal. Saya tidak ingin menyaksikan adik-adik saya, junior-junior saya, keluarga saya, mati dalam sebuah diskusi atau menjadi pasif dalam sebuah kelompok, atau menjadi membosankan hanya karena berbicara tanpa referensi. Indikator kesuksesan saya adalah menyaksikan orang-orang yang berpotensi, pemuda-pemuda hebat, yang semula tidak suka membaca menjadi seorang yang tertarik dan haus pengetahuan untuk mengembangkan dirinya, untuk menjadikan diri mereka seorang yang utuh secara pengetahuan maupun penampilan karena masa depan memerlukan mereka. 

Kesuksesan bagi saya ini begitu sederhana, tapi tidak mudah dicapai. Tapi jika tercapai, ini merupakan kesuksesan terbesar di hidup saya. Hidup untuk menyaksikan lingkungan tumbuh dan berkembang dengan pengetahuan yang luas. Hidup dengan orang-orang yang mendunia melalui bacaannya. 

Saya akan menjadi sukses, jika adik-adik saya (junior di kampus, pemuda di lingkungan saya) selalu membawa buku bacaan dalam tas mereka, menyempatkan membaca pada waktu-waktu luang dan menghabiskan waktu bersantai dengan diskusi yang berbobot, berbagi pengetahuan kemudian berkembang menjadi seorang yang benar-benar berpengetahuan. Karena dunia memerlukan mereka, untuk itu saya akan terus berusaha mencapai kesuksesan ini, yang menjadi kebahagiaan saya, yang bagi mereka akan menjadi modal cukup untuk menjadi seseorang yang diperhitungkan di masa depan.

Kesuksesan terbesar hidup saya adalah membangkitkan minat pemuda untuk membaca, sederhana tapi akan merubah dunia.

5 comments:

  1. I really appreciate your professional approach. These are pieces of very useful information that will be of great use for me in future.

    ReplyDelete
  2. Hey great story dear. It inspire us. Thanks for sharing with us.

    ReplyDelete

Thanks for visiting Teplok, It's a pleasure for us if you leave your comment here, we suggest you to use english when commenting. This will take us better and keep the ads work, thanks friend! we'll light you as we can...

We'll deliver you Good news by Entering your email address

here:

Delivered by FeedBurner